• Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
  • (0260) 414542

Komisi VIII Minta BPBD Sumut Tegas Status Sinabung

In erat urna, tincidunt nec pulvinar

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) harus bersikap tegas mengenai status gawat darurat, dalam menghadapi bencana di wilayah Provinsi Sumatera Utara. Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Iskan Qolba Lubis saat memimpin Tim kunjungan spesifik ke Provinsi Sumatera Utara, Senin (28/11/2016).

“Tidak mungkin ketika terjadi satu bencana, tetapi selama  4 tahun masih dalam kondisi gawat darurat. Padahal pada waktu yang sama juga, dilakukan upaya rehabilitasi. Itu artinya terjadi campur aduk penanganan antara status gawat darurat dengan upaya penyelesaian masalah pengungsi,” ucap Iskan disela-sela acara pertemuan dengan Kepala BPBD Provinsi Sumut dan perwakilan pengungsi Sinabung.

Iskan menilai, pemerintah di Kabupaten Karo kurang siap untuk meyerap anggaran. Menurutnya,  kalau memang tidak bisa mendapatkan lahan, maka dibuat saja sistem mandiri. Yakni dengan dikasih dananya dan biarkan mereka sendiri yang cari.

“Memang kita lihat masih lemahnya kordinasi yang dilakukan. Sebab dengan adanya pengungsi, maka akan menghadapi masalah baru. Karena  bukan hanya dikasih makan atau dikasih tempat tinggal, tetapi juga harus disiapkan lahan. Karena lahan yang sebelumnya sudah habis atau rusak. Oleh karenanya harus ada kordinasi antara Kementrian perhubungan dan pemberdayaan ekonomi,” terang dia.

Politisi Fraksi PKS tersebut juga menyatakan, Kabupaten Karo tidak siap dari segi SDM nya, harus di back up oleh provinsi dan pemerintah pusat. Ketika menyerap anggaran, tetapi laporannya tidak bagus, maka akan menghambat turunnya anggaran berikutnya.

“Kita melihat, statusnya harus putus. Jangan terus menerus begini, jadi repot nantinya. dan juga harus ada tata ruang lagi. Jadi kalau memang Pemda menilai daerah ini sudah tidak layak huni, maka harus dikasih tempat lain, apakah di Karo atau di luar Karo,” tegasnya. (arf,mp)/foto:arief/iw.

Sumber: www.dpr.go.id

0
0
0
s2smodern

Video DPRD Subang

Link Terkait